Terlambat haid, terakhir hubungan pada april apakah hamil?

W Info Penanya: W, Wanita, 21 Tahun
Hai dok. Saya mau tanya dok, saya terakhir berhubungan pada april bulan lalu tanggal 16. Lalu pada tanggal 21-26 april saya haid. Pada bulan mei ini sya blm haid dok dan sudah 5 hari ini prut bgian bawah terasa nyeri sprti haid tetapi darah tdak kluar. Biasanya saya haid maju 4/6 hari dri tanggal sblmnya. Apakah hamil jika demikian dok ? . Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WM,

Kehamilan adalah proses yang bisa ditandai dengan terlambat haid, adanya rasa tidak nyaman di payudara, rasa lelah, mual dan muntah terutama di pagi hari, suasana perasaan yang mudah berubah, adanya flek darah dan beberapa gejala lain. 

Apabila sebelumnya rutin berhubungan seksual dan tidak menggunakan pengaman, maka kemungkinan untuk hamil ada. Jadi jika saat ini mengalami keterlambatan haid bisa coba untuk melakukan pemeriksaan dengan testpack. 

Penyebab lain terlambat haid

Selain karena kehamilan, terlambat haid juga bisa disebabkan beberapa penyebab lain misalnya:

  • Penggunaan KB
  • Masalah hormon tubuh
  • Masalah saluran reproduksi
  • Berat badan yang berubah dengan drastis
  • Efek obat-obatan
  • Penyakit lain seperti penyakit tiroid

Untuk itu jika melakukan pemeriksaan awal dengan testpack hasilnya negatif, bisa diulang dalam 2 minggu. Jika masih tetap negatif atau samar sebaiknya bisa dipastikan dengan pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.