Apakah berhubungan intim menggunakan kondom masih bisa hamil?

DG Info Penanya: DG, Wanita, 1 Tahun
Hello dok!! Saya mau nanya berhubungan badan Mengunakan kondom (+)sperma nya di keluarkan di luar..apakah aman atau masih bisa hamil..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DG.

 

Kondom merupakan salah satu metode kontrasepsi yang mudah dan cukup efektif. Pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan bisa menggunakan kondom sebagai pilihan.

Beberapa orang kebanyakan salah menggunakan kondom sehingga kehamilan yang tidak diinginkan dapat terjadi serta adanya penyakit menular seksual menjadi meningkat.

Berikut ini merupakan cara menggunakan kondom yang baik dan benar agar efektif sebagai alat kontrasepsi Kb:

  • Cek kondisi dan tanggal kedaluwarsa sebelum menggunakan.
  • Buka pembungkus kondom dengan hati-hati supaya tidak merusak kondom.
  • Pegang ujung kondom dengan telunjuk dan ibu jari untuk memastikan sisi kondom yang sudah benar dan tidak ada udara terperangkap di bagian ujungnya (kondom berpotensi koyak jika ada udara terperangkap di dalamnya).
  • Pakaikan kondom pada ujung penis
  • Sambil menekan bagian atas kondom, tarik bagian bawah kondom untuk menutupi sisa penis.
  • Apabila kondom tidak bisa ditarik turun, kemungkinan sisi kondom salah. Ulangi langkah di atas dengan kondom baru karena dikhawatirkan kondom sudah terkontaminasi oleh sperma yang dapat keluar dari cairan praejakulasi ketika penis ereksi.

Terkait dengan pertanyaan Anda kehamilan tidak mungkin terjadi sebab pasangan Anda memakai kondom dan ejakulasi diluar. Jika Anda ingin menunda kehamilan sebaiknya pilih metode kontrasepsi yang tepat untuk Anda, konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis kandungan.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.