Berhenti suntik KB sebulan, apa bisa hamil?

WL Info Penanya: WL, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanyaSaya KB suntik 3 bulan selama 2 tahun lebihDan sebulan ini saya gk suntik lagi sebulan itu jg saya flek tp lumayan bnyk fleknyaLalu sy berhubungan dgn suami dalam keadaan masih flek.1 hari setelah berhubungan flek.nya berhenti sampe skrng sudah 8 hari setelab berhubunganKira2 saya hamil apa gimana dok tolong penjelasanya.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WL.

KB adalah singkatan dari Keluarga Berencana, yaitu program pemerintah agar pasangan suami istri dapat merencanakan jumlah dan jarak antaranak. Metode untuk menjalankan KB disebut dengan kontrasepsi. Ada dua jenis kontrasepsi yang dikenal saat ini, yaitu kontrasepsi alami (tanpa alat) dan kontrasepsi buatan (dengan alat).

Salah satu metode kontrasepsi buatan yang sering digunakan oleh para wanita adalah suntik. Metode yang Anda gunakan yaitu suntik 3 bulan, mengandung sintetik hormon progestin, sehingga akan mengubah siklus menstruasi bahkan tidak haid.

Ketika lepas dari kontrasepsi suntik, dalam jangka waktu tertentu yang bervariasi setiap wanita, hormon akan kembali normal. Oleh karena itu, seorang wanita bisa subur dan hamil kembali. Terkait kondisi yang Anda sampaikan, apabila Anda sudah lepas suntik selama sebulan, ada kemungkinan Anda untuk hamil, terlepas dari kapanpun Anda berhubungan. Anda bisa mencoba melakukan testpack sebagai konfirmasi.

Jika benar hamil, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Selain itu, makan bergizi dan minum air putih yang cukup agar kehamilan senantiasa terjaga.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil boleh makan kepiting asal dimasak dengan matang dan dalam jumlah yang sedang

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting? Inilah Penjelasannya

Kepiting menjadi salah satu makanan laut yang banyak digemari. Namun, sebagian ibu hamil takut makan kepiting karena khawatir dapat membahayakan kandungannya. Sebetulnya, bolehkah ibu hamil makan kepiting?