Kapan kantung janin terlihat di USG?

Z Info Penanya: Z
Dokter kmren periksa usg katanya blm terlihat kantongnya,,,trs periksa ke bidan katanya udah 7 minggu gimna yaa dokter, udh mengalami masa mual, lemes, perubahan PD, perut sering kedutan juga, gmna ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Z.

Kehamilan adalah hal yang didambakan oleh setiap pasangan suami istri, terutama bagi mereka yang belum memiliki momongan. Saat hamil, seorang wanita akan mengandung janin dalam rahim yang akan mengalami perkembangan selama 40 minggu. Setelah janin berkembang sempurna dan siap untuk bernapas dengan paru-parunya sendiri, janin akan dilahirkan sebagai bayi. 

Cara menghitung usia kehamilan adalah dengan mengetahui hari pertama haid terakhir (HPHT). Pada masa-masa awal kehamilan, seorang wanita akan mengalami peningkatan hormon kehamilan hCG. Perubahan hormon inilah yang menyebabkan rasa mual, menginginkan makanan tertentu, pembesaran payudara dan perut, serta perubahan emosi pada awal masa kehamilan.

Jika pada awal masa kehamilan dilakukan USG, kantung janin akan terlihat rata-rata pada minggu keempat sampai keenam. Oleh karena itu, disarankan Anda menghitung ulang usia kehamilan Anda, apakah benar sudah memasuki minggu ketujuh atau belum. Atau, Anda juga dapat melakukan USG ulang di dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan bernutrisi, terutama yang mengandung vitamin dan mineral. Minum air putih yang cukup. Selain itu, hindari stres, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab vagina terasa gatal adalah infeksi jamur pada vagina

Vagina Terasa Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab vagina terasa gatal saat hamil salah satunya terjadi karena perubahan tingkat keasaman (pH) pada vagina. Akibatnya, muncul iritasi pada permukaan kulit di area tersebut. Walaupun begitu, vagina terasa gatal bukanlah sesuatu yang berbahaya.