Apakah bisa hamil jika belum sempat KB?

SB Info Penanya: SB, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya.saya mulai haid tgl 23 tgl 11 saya berhubungan itim ma suami.belom sempet kb dan suami lupa keluarin didalam apakah bisa terjadi kehamilan dok.terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SB,

Kehamilan adalah berhasilnya sel telur dibuahi oleh sel sperma. Dimana hal ini bisa ditandai dengan terlambat haid, terdeteksinya hormona kehamialn pada pemeriksaan testpack dan tanda pasti dengan didapatkan adanya kantung janin pada pemeriksaan USG.

Apabila tidak menggunakan KB dan ada ejakulasi di dalam, hal tersebut bisa mungkin menyebabkan kehamilan. Jadi jika di bulan ini terlambat haid, ada baiknya bisa melakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack. 

Jika setelah berhubungan sudah haid, maka kehamilan tidak terjadi. Jika masih belum ingin meinginkan kehamilan ada baiknya memilih metode kontrasepsi seperti:

  • Pil KB, ada yang 21 pil ataupun 28 pil. Memberikan perlindungan optimal, mudah digunakan tetapi harus dikonsumsi setiap harinya
  • Kondom. Memberikan perlindungan optimal, mudah digunakan, bisa membantu mencegah penyakit menular seksual tetapi terkadang membuat kurang nyaman penggunannya
  • Metode KB lainnya

Baiknya hindari metode kontrasepsi hormonal seperti KB suntik jika dalam waktu dekat sudah ingin hamil kembali, agar tidak timbul gangguan hormonal ataupun perlu waktu lama agar bisa kembali subur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi virus Zika sering tidak menimbulkan gejala pada penderitanya

Sejauh Mana Efek Virus Zika pada Kehamilan, termasuk Infeksi Rahim?

Virus Zika dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk dan hubungan badan dengan orang yang memiliki gejala infeksi virus Zika. Infeksi virus ini tidak berbahaya namun memiliki dampak tersendiri pada kehamilan. Virus Zika ini sering dihubungkan sebagai penyebab keguguran janin, dan cacat lahir seperti mikrosefali.