Keluar darah dan gumpalan, apakah keguguran ?

ND Info Penanya: ND, Wanita, 20 Tahun
Dok, 40 hari setelah melahirkan selesai masa nifas, saya melakukan hubungan intim tanpa pengaman dan belum melakukan KB, setelah itu saya menjalani kb, dan 3minggu kemudian saya keluar flek 3hr dan 2hr itu keluar darah agak deras, dan disertai rasa kram pinggang dan perut bawah dan keluar seperti gumpalan darah berwana merah dan putih, bentuknya bulat memanjang sepeti jari kelingking kira2 segitu. Itu apa ya dok? Apa saya hamil, tanpa di ketahui dan keguguran?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, ND.

Keluarnya darah dan gumpalan adalah keadaan yang dapat terjadi pada wanita dalam masa haid yang berat, masa nifas dan kondisi keguguran. Keguguran sendiri merupakan kehamilan yang gugur pada usia 20 minggu pertamanya.

Adapun beberapa gejala keguguran yang dapat dialami, diantaranya adalah :

  • perdarahan dari vagina
  • kram pada perut dan pinggul
  • adanya cairan tertentu
  • keluarnya jaringan janin yang menyerupai gumpalan dari vagina

Mengenai keluhan yang Anda alami, kendati perdarahan yang dialami masih mungkin berupa darah haid atau darah sisa nifas, namun karena telah berjalan 40 hari dari persalinan maka kemungkinan keguguran tetap ada karena adanya riwayat berhubungan seksual tanpa kontrasepsi. Untuk lebih mengarahkan pada kemungkinan keguguran, Anda dapat melakukan test pack. Akan tetapi, perlu diketahui bahawa kemungkinan positif palsu dapat terjadi karena pada pasca persalinan, hormon kehamilan masih dapat bersisa dan terdeteksi oleh test pack.

Untuk itu ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis Kandungan agar pemeriksaan dapat dilakukan secara lebih akurat dengan penggunaan pemerikaan penunjang USG.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh KW
18 May 2020, 07:06
Kalo telat dua hari tpy sekarang blum haid lGi tidak ad hubungn seksual tpy kk telat knp dok umur 19 thun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
19 May 2020, 07:40
Selamat pagi KW,
Jika sudah menikah bisa disebabkan penggunaan kontrasepsi hormonal. JIka belum menikah, kemungkinannya banyak, di antaranya berat badan yang tidak ideal, pola hidup tidak sehat (begadang, konsumsi makanan cepat saji), PCOS, gangguan tiroid, stres, dll. Jika sudah 3 bulan tidak haid, periksakan ke spesialis kandungan ya, terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.