Keluar flek cokelat setelah menstruasi, kenapa ya?

ID Info Penanya: ID, Wanita, 23 Tahun
Hai dok.. Bulan april sya mens tgl 21 smpe tgl 25 atau 26. Tpi bulan mei skrg kluar darah agak kcoklatan , ini hari k2 dri tgl 4/5 . Jika sya mens tglnya sngat jauh Itu bagaimana dok?Trimkasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam ID,

Flek coklat adalah adanya spotting atau keluarnya bercak kecoklatan yang bisa merupakan bercak darah dari kemaluan wanita. Penyebabnya sendiri bisa beragam seperti akibat masalah hormonal, tanda kehamilan, adanya gangguan di organ reproduksi seperti tumor jinak atau mioma, adanya peradangan vagina, adanya infeksi vagina, adanya polip ataupun masalah lain dirahim.

Apabila sebelumnya ada riwayat berhubungan seksual setelah menstruasi, maka bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack. Jika tidak ada riwayat seksual tidak perlu terlalu cemas juga.

Perhatikan jika flek keluar lebih dari 7 hari maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan. Nantinya bisa diberikan penanganan baik yang sifatnya obat hormonal ataupun obat untuk menghentikan perdarahan.

Upayakan juga menjaga keseharian agar hormonal tubuh juga bisa terjaga seperti dengan:

  • Tidur cukup
  • Istirahat cukup
  • Perbanyak minum air putih
  • Atasi beban pikiran yang ada
  • Tidak terlalu banyak aktivitas berat
  • Olahraga secara teratur

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.