Apakah akan hamil?

OD Info Penanya: OD
Dok saya bulan kemarin haid perkiraan di tanggal 18 April, dan melakukan intim di tanggal 26 April dan dikeluarkan diluar, apakah akan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang OD,

Kehamilan terjadi bila sel telur bertemu dengan sperma. Sel telur ini akan dilepaskan ketika masa ovulasi yakni masa subur wanita yang biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum haid bulan berikutnya bila siklus haidnya diambil rata-rata 28 hari setiap bulannya.

Sehingga berdasarkan cerita yang Anda sampaikan, maka kemungkinan terjadinya kehamilan kecil karena:

  • Anda dan pasangan berhubungan seksual di luar masa subur Anda.
  • Ejakulasi dilakukan di luar vagina.

Namun tetap ada kemungkinan hamil karena cairan praejakulasi sudah mengandung sperma, dan mengingat sperma bisa bertahan hidup sekitar 2-5 hari di dalam vagina.

Bila Anda belum siap memiliki momongan, sebaiknya gunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan seperti:

  1. Gunakan kondom saat berhubungan seksual.
  2. Pastikan Anda berhubungan seksual di luar masa subur Anda.
  3. Gunakan KB seperti pil KB, suntik KB, atau pemasangan IUD.

Bila Anda ragu dan muncul ciri-ciri hamil, maka lakukan tes pack bila Anda sudah 1 minggu terlambat haid. Dan bila hasilnya Anda hamil, maka lakukan USG ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

bercinta di dalam sunyi dapat meningkatkan keintiman

5 Posisi Bercinta Tanpa Suara untuk Anda dan Pasangan

Ingin bercinta dengan pasangan, tapi banyak orang lain di rumah? Ada berbagai posisi bercinta tanpa suara, yang layak Anda coba.Bercinta tanpa menimbulkan kegaduhan, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Anda dan pasangan. Terlebih, jika ada orang lain yang tinggal bersama Anda dan pasangan. Sebut saja orangtua, mertua, atau asisten rumah tangga. Belum lagi, jika Si Kecil sedang terlelap di kamar sebelah. Oleh karena itu, mencari posisi bercinta tanpa suara, perlu Anda lakukan.Jangan sa