Kapan waktu yang tepat melakukan test pack?

P Info Penanya: P, Wanita, 24 Tahun
Halo, dok sy P berusia 25tahun dok yg ingin saya tanyakan apakah jika telat 4 hari itu hamil? Saya berhubungan dgn pasang tgl 5 dan 16 tgl mens saya setiap tgl 25 nah sy ingin melakukan test pack dan sy mau tanyakan juga apakah urine ketika bangun di waktu sahur dan kita bangun lagi dipagi hari itu akan menghasilkan hasil test pack yg berbeda ? Sebaiknya sy melakukannya di waktu bangun sahur atau nanti ketika bangun dipagi hari ? Mohon dijawab dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P.

 

Kehamilan merupakan hal yang sangat didambakan bagi setiap pasangan yang baru saja menikah. kehamilan dapat ditentukan dengan pemeriksaan sederhana seperti test pack.

Demikian tanda-tanda terjadinya kehamilan:

  • Terlambat haid
  • Kram perut
  • Payudara membesar dan bengkak
  • Mual, mudah Lelah dan sering buang air kecil

Jika Anda mengalami keluhan tersebut diatas sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan menggunakan test pack terlebuh dahulu, namun untuk waktu pemeriksaan sebaiknya jika sudah mengalami keterlambatan haid minimal selama 14 hari dan lakukan pengambilan urin di pagi hari, atau Anda dapat menahan dulu hasrat untuk buang air kecil dalam beberapa jam terlebih dahulu agar meningkatkan konsentrasi hormon HCG yang akan terbaca oleh alat test pack jika seseorang hamil.

Tips untuk menghadapi kehamilan:

  1. Jaga kondisi tubuh dengan memperbanyak makan sayur dan buah
  2. Minum vitamin kehamilan
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Lakukan pemeriksaan USG ke dokter spesialis kandungan.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat,

 

dr. Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala umum pada kanker ovarium adalah perut kembung.

10 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Tak Disadari

Gejala kanker ovarium seringkali tidak disadari oleh wanita, hingga menyebabkan kondisi tersebut semakin gawat. Namun, ada beberapa gejala kanker ovarium yang dapat dirasakan secara umum seperti perut kembung, nyeri perut, siklus menstruasi yang abnormal hingga sakits saat behubungan seksual.