Apakah penyebab perdarahan pada usia kehamilan muda?

CN Info Penanya: CN, Wanita, 1 Tahun
maaf dok mau tanya....saya sudah telat hed 1minggu dan di respek pun garis 2...tapi tiba2 mules dan keluar darah seperti hed dan juga keluar seperti selaput gituu...kira2 itu apa ya dok.Kalo usg usia 1 minggu bisa terlihat ga dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CN.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan kondisi yang dinantikan hampir setiap pasangan. Kehamilan ditandai dengan terlambatnya menstruasi yang diikuti dengan hasil positif pada testpack, dan tampak kantung janin pada pemeriksaan USG kehamilan. Pada trimester awal kehamilan, memang sangat rentan tejadi perdarahan.

Penyebab perdarahan diawal kehamilan diantaranya adalah: 

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika sudah melakukan test kehamilan dan dinyatakan positif kemungkinan memang Anda hamil. Agar lebih pasti, sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG kehamilan. Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG kehamilan, sekaligus untuk mengetahui penyebab perdarahan Anda, agar dapat diberikan tatalaksana yang sesuai.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara istirahat tirah baring (bed rest), batasi aktivitas sehari-hari untuk menghindari kelelahan, tetap berusaha mengonsumsi makanan bergizi seimbang, makan teratur (tidak terlambat/menunda jam makan), hindari makanan yang mengandung kafein seperti kopi, hindari alkohol dan asap rokok, menjaga kebersihan area kewanitaan, serta cukupi kebutuhan cairan harian. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi hanya bisa diminimalisis dengan bantuan perugas medis profesional

Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Mengakhiri kehamilan adalah keputusan besar yang akan memengaruhi kondisi emosional dan psikologis seseorang. Menggugurkan kandungan juga memiliki berbagai risiko bagi kesehatan. Sebelum memutuskan untuk melakukannya, penting bagi tiap wanita untuk mengetahui hukum dan bahaya aborsi.