Terlambat haid lebih dari satu minggu, apa mungkin hamil ?

AF Info Penanya: AF
hy dok saya mau tanya, tgl 23 maret kmrin saya haid. terus minggu kedua april saya berhubungan intim tpi keluar di luar. terus sampe pda tgl 26 april ini saya belum haid. apakah ad kemungkinan untuk hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AF.

Terlambat haid merupakan salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti karena masih banyak hal yang dapat mempengaruhi keterlambatan haid. Pada umumnya keterlambatan haid ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon dan hal-hal yang dapat memicu keadaan tersebut.

Berikut beberapa hal selain kehamilan yang dapat memicu keadaan keterlambatan haid tersebut, diantanya adalah :

  • stres
  • kelelahan
  • badan yang terlalu kurus atau gemuk
  • konsumsi jenis obat tertentu
  • kondisi medis tertentu
  • penyakit tertentu seperti PCOS

Mengenai keluhan Anda, untuk memastikannya, perlu terlebih dahulu melakukan test pack, karena kemungkinan kehamilan tentunya tetap ada jika memiliki riwayat berhubungan intim sebelumnya. Anda dapat melakukan test pack berulang yang berselang satu minggu agar terhindar dari keadaan negatif palsu dan memberikan waktu untuk hormon kehamilan mulai meningkat dengan lebih signifikan.

Untuk sementara, Anda perlu untuk mulai menjaga pola makan, pola tidur atau istirahat serta pola aktivitas yang cukup dan tidak berlebihan,

Jika setelah melakukan test pack hasilnya masih negatif, mungkin penyebab keterlambatan haid dipengaruhi hal-hal lainnya diatas. Ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.