Tidak hamil tapi kenapa terlambat datang bulan?

LS Info Penanya: LS, Wanita, 20 Tahun
Saya tidak hamil tapi kenapa telat datang bulan ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LY,

Terlambat haid adalah kondisi yang tidak selalu disebabkan oleh kehamilan. Dimana terlambat haid sendiri sering dialami oleh wanita terutama pada wanita usia 20-40 tahun. Siklus haid yang normal sendiri adalah 21 hari - 35 hari dari hari pertama haid sebelumnya.

Penyebab terlambat haid bisa dipicu beberapa kondisi.

Penyebabnya diantaranya adalah:

  • Stres fisik dan psikis
  • Gangguan hormonal
  • Efek penggunaan kontrasepsi 
  • Kehamilan
  • Gangguan organ reproduksi salah satunya karena PCOS

Untuk itu  bisa ubah dan perbaiki keseharian dengan menerapkan gaya hidup sehat, makan-makanan bernutrisi terutama yang kaya vitamin dan mineral, tidur cukup, kelola stres dengan cara yang tepat, olahraga rutin setidaknya 150 menit dalam seminggua dan juga batasi aktivitas fisik berat.

Jika sampai 90 hari masih belum juga hadi, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter kandungan dan kebidanan. Dimana nantinya diperiksakan untuk mengetahui apa penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AC
30 Mar 2020, 17:11
Hai dok. Sya mau tanya, sya sudah haid seminggu trus berapa hari lgi sya haid lagi 2 hari trus brpa hri lg sya haid lg slama 2 hari lg. Tp saat haid prtma darah sya tdak lancar trus darahnya merah kecoklatan. Pd hari berikutnya darah sya brwarna coklat smpai hari berikutx saya haid lg darah sya brwarna coklat kehitaman..apakah itu berbahaya atau tidak dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
31 Mar 2020, 07:50
Selamat pagi AC,
Haid yang berulang kali bisa disebabkan oleh gangguan hormonal, mioma uteri, adenomiosis, stres, dll. Sementara yang dapat Anda lakukan adalah minum air putih yang banyak agar tidak lemas, makan sayur hijau, dan perbanyak istirahat.
Bila keluhan ini berlanjut maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh AC
30 Mar 2020, 17:21
Dok sy mau tanya setelah menikah sy ikut program kb sunik yg 3 bulan stelah itu sya haid slama 2 bulan tp gak trlalu lancar dok. Dan bulan brikutnya sya slama 6 bulan gak haid tp hanya keluar bercak sja slama 2 hari smpai 3 hri dlm setiap bulanya..itu pengaruh kb suntik atau apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
31 Mar 2020, 07:54
Selamat pagi AC,
Pada pemakaian KB, maka akan terjadi gangguan hormonal di dalam tubuh, dan tubuh perlu beradaptasi. Lamanya waktu adaptasi ini akan berbeda-beda setiap wanita dan efek yang ditimbulkan juga berbeda-beda, ada yang berupa penambahan berat badan, siklus haid menjadi berhenti, atau malah terjadi perdarahan, dan berjerawat.
Saran saya bila hal ini berlangsung terus, maka coba beralih ke KB suntik yang 1 bulan sekali atau minum pil KB.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.