Kenapa saya terlambat haid?

DW Info Penanya: DW, Wanita, 1 Tahun
Halo dok Saya mau bertanya kemarin pertengahan bulan saya berhubungan dengan suami saya dn sebelumnya saya belum halangan atau haid .. dn ini juga sudah akhir bulan belum juga haid .. kira2 itu tanda apa yah dok .. ? Mohon dijawab ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi yang normal biasanya setiap 21-35 hari sekali. Beberapa wanita mungkin memiliki siklus menstruasi setiap 23 hari sekali. Durasi perdarahan haidnya itu sendiri rata-rata berlangsung dari 2 sampai 8 hari. 

Terlambat atau telat haid sebenarnya masih merupakan kondisi normal. Siklus haid tidak selalu datang tepat waktu setiap bulannya. Kadang haid bisa lebih awal atau telat dari biasanya.

Beberapa penyebab terlambatnya datang bulan :

Saran saya hindari aktivitas fisik dengan intensitas berat, konsumsi makanan bernutrisi tinggi, lakukan rileksasi dengan cara meditasi atau melakukan berbagai hal-hal yang Anda sukai, menerapkan pola hidup sehat.

Jika Anda tidak kunjung haid sebaiknya Anda lakukan testpack, jika hasil negative dan tidak kunjung haid sebaiknya Anda konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada larangan saat haid yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi

10 Larangan Saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Sebagian wanita mungkin merasa nyeri, kembung atau lesu ketika menstruasi. Bahkan terdapat berbagai larangan saat haid yang harus diikuti agar tidak memperburuk kondisi tersebut.