Apakah obat utrogestan bisa buat telat haid?

DP Info Penanya: DP, Pria, 22 Tahun
Dok apakah obat utrogestan bisa buat telat haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DP,

Siklus haid seorang wanita ditentukan oleh keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh, terutama hormon estrogen dan progesteron. Normalnya siklus haid ini akan berlangsung setiap 21-35 hari sekali, dengan durasi rata-rata 2-7 hari.

Adanya siklus haid yang terlambat bisa disebabkan oleh :

  • Stres atau adanya depresi.
  • Kelelahan akibat aktivitas yang terlalu banyak dan berat, serta kurangnya tidur.
  • Kekurangan nutrisi akibat diet ketat.
  • PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome), adanya hormon androgen berlebihan di dalam tubuh akan mengganggu siklus haid, karena umumnya hormon ini banyak ditemukan pada laki-laki.
  • Pemakaian KB.

Perihal obat Utrogestan yang Anda sebutkan, obat tersebut mengandung hormon progesteron buatan yang berfungsi untuk merangsang pelepasan sel telur yang sudah matang, melindungi proses pembuahan, dan menebalkan rahim, sehingga banyak digunakan sebagai obat penguat kandungan dan untuk meningkatkan kesuburan wanita yang berencana hamil.

Sehingga seharusnya tidak ada efek samping yang menyebabkan Anda menjadi terlambat haid akibat obat ini.

Bila Anda 1 minggu terlambat haid dan sudah berhubungan seksual, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan tes pack untuk memastikan Anda sedang hamil atau tidak, terlebih bila ada ciri-ciri hamil muda seperti mual, pusing, lemas, dll.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda sudah terlambat haid selama 3 bulan berturut-turut dan tidak sedang hamil. Pastikan untuk tetap menjalankan pola hidup sehat banyak makan sayur, olahraga, dan cukup tidur.

Salam sehat,

dr. Vina.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan.Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat,kram perut,mood, dsb.