Berapakah berat janin usia kandungan 6 bulan?

EM Info Penanya: EM
Dok apakah usia di kehamil 6 bulan berat janin 622.8 gram itu normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EM, 

Berat janin pada setiap individu bisa berbeda-beda, dimana hal ini juga bisa berpengaruh dari faktor lainnya seperti misalnya faktor pemeriksa. Dimana taksiran berat janin dapat diketahui dengan cara mengukur tinggi fundus uteri dengan pemeriksaan fisik atau dilakukan perhitungan dengan pengukuran ukuran janin melalui pemeriksaan USG.

Normalnya berat janin di usia kehamilan 6 bulan atau sekitar 25-26 minggu adalah antara 650-750 gram dengan panjang sekitar 35-36 cm. Apa bila ternyata beratnya masih kurang dari itu, tidak perlu khawatir. Masih ada waktu untuk bisa meningkatkan berat janin agar perkembangan janin bisa lebih baik dan bisa sesuai dengan usianya.

Perlu diperhatikan asupan nutrisi ibu hamil dimana perlu mengonsumsi makanan seperti sayur, buah, dan juga makanan yang tinggi protein sehingga berat janin dapat meningkat. Selain itu penting juga untuk bis mengelola stres dengan baik agar bisa membantu menambah berat janin. Jika berat janin kurang dari normal memiliki beberapa risiko seperti risiko berat badan lahir rendah, kelahiran prematur ataupun lainnya.

Untuk itu ada baiknya bisa melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala pada dokter kandungan untuk melihat perkembangan janin tiap bulannya agar bisa dilakukan penanganan agar kehamilan lancar sampai persalinan nanti dan juga bayi bisa berkembang dengan baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghitung usia kehamilan adalah hal yang penting bagi ibu hamil agar dapat mengetahui hari perkiraan lahir

Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat dan Akurat

Mengetahui usia kehamilan sangat penting untuk memprediksi kapan persalinan tiba. 4 cara ini dapat Anda gunakan untuk menghitung usia kehamilan yang tepat dan akurat.