Mengalami pusing dan mual, apakah hamil?

T Info Penanya: T
Saya pasangan sudah 3 minggu menikah ada gejala pusing dan mual saya alami itu gejala apa ya dan kecing kencing kencing sedikit tapi sering. Apa saya hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang T,

Tanda kehamilan yang sering timbul diantaranya adalah mual, muntah di pagi hari, terlambat menstruasi, payudara terasa lebih sensitif, terasa lebih sensitif terhadap bau, perubahan mood yang cepat dan juga bisa disertai gejala lain. Meskipun begitu, gejala pusing dan mual ini tidak selalu timbul karena kehamilan, tetapi bisa timbul karena berbagai keluhan lain mulai dari gangguan saluran pencernaan, sindrom pre menstruasi atau PMS, pola makan yang kurang baik, dan lainnya.

Untuk pastinya ada baiknya perhatikan dalam beberapa hari apakah keluhan menetap atau tidak. Upayakan bisa mengatasi mual dan pusing dengan memperbaiki pola makan, hindari makanan yang mengiritasi lambung, perbanyak minuma air putih, konsumsi jahe atau madu. Jika mengalami keterlambatan haid, bisa lakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan pemeriksaan testpack.

Jika didapatkan hasil negatif atau samar, bisa ulang pemeriksaan dalam 2 minggu. Ataupun bisa juga periksakan diri pada dokter kandungan untuk memastikan kondisinya salah satunya dengan melakukan pemeriksaan USG. Upayakan menjaga asupan nutrisi, untuk mempersiapkan tubuh apabila hamil nantinya sehingga kehamilan bisa berjalan baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mencegah infeksi selama kehamilan, selalu jaga kebersihan diri anda, dan hindari area endemik infeksi.

Waspadai Infeksi-infeksi Ini Selama Masa Kehamilan

Salah satu kondisi yang paling ditakutkan selama kehamilan adalah infeksi. Hal itu disebabkan efek dari infeksi dapat memengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Beberapa infeksi virus yang dapat menyerang ibu hamil adalah klamidia, herpes, zika, dan rubella. Untuk pencegahannya, Anda disarankan untuk menghindari area endemik infeksi, selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual, dan menjaga kebersihan.