Apa mungkin hamil?

CF Info Penanya: CF, Wanita, 32 Tahun
Dork saya minum obat levonorgestrel tapi sudah seminggu tidak haid,sudah saya test tpi hasil negatif,,kira2 saya hamil apa enggak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CF,

Obat yang Anda konsumsi adalah obat yang dipakai sebagai kontrasepsi darurat untuk mencegah kehamilan ketika lupa mengonsumsi pil KB atau terlambat suntik KB namun berhubungan seksual. Namun perlu diingat obat ini hanya mencegah pembuahan dan harus segera diminum setelah berhubungan seksual, maksimal 72 jam setelah berhubungan seksual, bukan obat penggugur kandungan. Sehingga bila terlambat minum atau sudah terlanjur terjadi pembuahan, maka akan tetap hamil.

Perihal terlambat haid bisa disebabkan oleh keadaan hamil, stres, kelelahan, berat badan mengalami perubahan yang drastis baik bertambah gemuk atau malah terlalu kurus, pemakaian KB, atau gangguan organ reproduksi.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Perbanyak makan sayur dan buah.
  2. Minum air putih yang banyak.
  3. Olahraga secara teratur.
  4. Cukup istirahat dan jangan begadang.

Namun sebaiknya 7 hari setelah terlambat haid lakukan tes pack untuk melihat sedang hamil atau tidak. Bila hasilnya negatif, bisa tes pack ulang dengan jarak 1 minggu dari tes pack yang pertama. Karena tes pack yang terlalu dini juga hasilnya tidak akurat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil 9 minggu berbagai hal terjadi pada ibu dan janin

Inilah yang Terjadi pada Ibu dan Janin Saat Hamil 9 Minggu

Banyak terjadi berbagai perkembangan pada janin ketika hamil 9 minggu. Bahkan ibu juga merasakan gejala-gejala kehamilan yang umum terjadi. Apa saja itu?