Keguguran karena kandungan lemah, kapan bisa hamil kembali?

SM Info Penanya: SM
Dok, saya sri 34 thn. Minggu lalu saya baru selesai di kuret. Sekedar informasi, saat itu janin saya berusia 17-18 mnggu dgn ketuban pecah dini. Saat itu saya di kantor. Sebelumnya saya juga pernah di kuret pada bln juni 2019. Lalu pada tahun 2013 lalu, saya operasi caesar anak pertama. Apakah dgn 2x kuret blm setahun dan bekas sc bisa menyebabkan kandungan menjadi lemah? Trus dari kuret yg kedua, kapan saya bisa mulai promil lagi? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SM,

Keguguran adalah kehilangan kehamilan pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Keguguran bisa disebabkan beragam sebab seperti kondisi kesehatan ibu, adanya infeksi, masalah organ reproduksi, masalah kromosom janin, masalah hormon, masalah kekebalan tubuh, kelainan rahim, kandungan lemah, aktivitas fisik berat dan beragam faktor risiko lainnya.

Pada kandungan lemah sendiri merupakan kondisi dimana terkadang tidak menimbulkan gejala sehingga perlu dilakukan pemeriksaan berkala. Beberapa gejala pada kandungan lemah yang bisa timbul sepreti nyeri punggung, kram perut, banyak cairan dari vagina, ada perdarahan dimana kasus ini sebenarnya tidak banyak timbul pada wanita hamil.

Kandungan lemah sendiri bisa timbul karena riwayat operasi, riwayat trauma seperti kuret atau keguguarn sebelumnya, pengobatan dengan estrogen, ataupun adanya kelainan pada mulut rahim lain.

Untuk itu apabila mengalami keguguran dan dilakukan kuret ada baiknya menunggu rahim kembali pulih. Memang sebenarnya bisa kembali hamil dalam 1-3 bulan pertama, tapi jika ada riwayat keguguran sebelumnya ada baiknya bisa menunda kehamilan terlebih dahulu selama 6 bulan atau bisa periksakan pada dokter kandungan untuk menilai kondisi ibu apakah sudah kembali siap hamil baik dari kesehatan fisik dan juga mental. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghindari konsumsi junk food dapat membantu mempercepat proses pemulihan pasca kuret

Ingin Cepat Hamil Pasca Kuret? Hindari Mengonsumsi Makanan Pantangan Ini

Agar cepat hamil, pantangan pasca kuret yang harus dilakukan adalah menghindari makanan-makanan seperti junk food, daging, makanan manis dan tinggi karbohidrat.