Flek kecoklatan saat hamil, apakah tanda keguguran?

ES Info Penanya: ES, Wanita, 1 Tahun
Dokter saya mau bertanya saya hamil 6 sampai 7 Minggu trs saya seperti haid dan klr darah warna agak kecoklatan apa kah itu saya keguguran apa tidak dokter soalnya saya tespeck lagi masih positif hasilnya terimakasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ES,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keluarnya flek kecoklatan saat hamil muda banyak penyebabnya, flek saat hamil muda sebaagan merupakan hal yang normal dan sering terjadi pada hamil muda.

Beberapa penyebab perdarahan saat hamil muda :

  1. Perdarahan implantasi
  2. Kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim)
  3. Peradangan pada serviks atau leher rahim
  4. Gangguan hormon kehamilan
  5. Hamil anggur
  6. Keguguran

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, belum bisa di pastikan flek yang Anda alami karena keguguran atau penyebab lainnya. Sebaiknya periksakan ke dokter kandungan jika flek yang Anda alami terus berlanjut dan semakin banyak, disertai kram perut, mual muntah, keluar gumpalan atau tidak adanya gerakan janin.

Tetap jaga kesehatan Anda dengan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari, hindari stres dan aktititas fisik yang terlalu berat, jangan lupa untuk selalu konsumsi asam folat dan zat besi, dan kontrol teratur ke dokter kandungan minimal 1 bulan sekali.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut maternity diperlukan setelah melahirkan, saat wanita menjalani masa nifas.

Manfaat Pembalut Maternity Setelah Melahirkan, Apa Saja?

Pembalut maternity biasanya digunakan wanita pascapersalinan. Berbeda dari pembalut biasa, pembalut maternity memiliki ukuran yang lebih panjang dan tebal.