Bagaimana reaksi kaltrofen gel?

RM Info Penanya: RM, Pria, 28 Tahun
Kaltrofen gel kena luka basah akibatnya apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RM,

Kaltrofen adalah salah satu jenis pereda nyeri, yang tersedia dalam bentuk sediaan tablet, suntikan, maupun gel topikal.

Bila yang Anda gunakan sediaan gel maka tentunya cukup dioles di bagian yang nyeri namun tidak di bagian yang ada luka terbukanya (luka lecet atau luka robek). Bila Anda tidak sengaja mengoles di bagian yang ada lukanya, maka segera basuh dengan air dan keringkan. Pemakaian salep pereda nyeri di bagian luka yang terbuka dapat menimbulkan rasa panas, perih, hingga perdarahan karena efek salep pereda nyeri biasanya melebarkan pembuluh darah. Bila luka Anda mengalami perdarahan, segera tekan dengan kasa steril selama beberapa waktu untuk menghentikan perdarahannya. 

Selain mengoleskan salep pereda nyeri, Anda juga bisa menghilangkan nyeri setelah terjatuh dengan cara kompres menggunakan es batu dalam 2 hari pertama, selanjutnya kompres menggunakan air hangat. Anda juga bisa meminum paracetamol tablet. Dan yang penting adalah merawat luka Anda dengan rutin membersihkannya. Bila luka Anda semakin parah, bengkak, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidrogen peroksida adalah zat kimia yang dapat mengobati luka ringan

Hidrogen Peroksida dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Hidrogen peroksida adalah zat kimia yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran telinga hingga menghilangkan bakteri pada alat make-up. Gunakan seperlunya agar Anda terhindar dari efek samping.