Kalori pisang cukup untuk diet, benarkah?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saya ingin melakukan diet dengan mengonsumsi pisang. Apakah kalori pisang cukup memenuhi karbohidrat saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Pisang adalah salah satu buah yang seringkali dimanfaatkan untuk seseorang yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan. Namun selain pisang, Anda juga bisa memanfaatkan buah-buahan lain seperti apel, jeruk, stroberi, tomat, dll.

Untuk 1 buah pisang terkandung kalori sekitar 100 mg dengan kandungan karbohidrat sekitar 17,5 gr di mana karbohidrat ini berfungsi untuk mengatur keseimbangan metabolisme tubuh. Selain itu di dalam buah pisang terdapat kandungan pectin yang akan memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak mudah lapar dan indeks glikemiknya rendah sehingga kadar gula darah Anda akan lebih terkontrol.

Namun tentunya Anda tidak bisa seharian hanya makan pisang saja. Untuk pola diet yang sehat tentunya harus ada kandungan karbohidrat, protein, dan lemak sehat dari buah alpukat atau kacang-kacangan seperti kacang almond panggang, biji-bijian kuaci, dll. Dan pastikan untuk menghindari gorengan dan makanan berlemak untuk mempercepat program diet Anda.

Selain mengatur asupan yang masuk, Anda juga perlu berolahraga untuk membakar kalori secara teratur, dan menghindari bergadang. Anda juga bisa mencatat apa saja yang Anda makan, sehingga Anda tahu sudah seberapa banyak makanan yang Anda makan dan berapa perkiraan jumlah kalorinya.

Lakukan pemeriksaan ke dokter gizi bila Anda kesulitan mengatur menu makanan Anda sehari-hari.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara Diet Air Putih yang Aman untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Air Putih, Amankah?

Diet air putih adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan metode hanya mengonsumsi air putih, dan tidak mengonsumsi makanan maupun minuman lainnya, selama beberapa hari.