Kalau pusing dan mual apa penyebabnya

D Info Penanya: D, Pria, 40 Tahun
Dok kalau pusing dan mual penyebabnya apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi D,

Berdasarkan keluhan yang anda alami. Pusing dan mual adalah gejala adanya penyakit. Maka dari itu kita harus mencari tahu penyebabnya. Pusing adalah perasaan sepeti mengambang, mabuk dan tubuh tidak seimbang. Pusinh umumnya berkaitan dengan mual 

Penyebab terjadinya pusing disertai mual:

1. Karena peningkatan asam lambung. Peningkatan asam lambung, pasien akan mengalami pusing mual disertai gejala nyeri ulu hati, mual dan muntah.

2. Vertigo. Vertigo adalah pusing berputar, merasa sekeliling ruangan berputar. Vertigo selalu disertai mual. 

3. Mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan dapat terjadi gangguan pada sistem keseimbangan sehingga muncul keluhan pusing disertai mual.

4. Tekanan darah tidak normal, tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebakan pusing, mual, pandangan kabur dan penurunan kesadaran.

5. Kadar gula tidak normal, terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat menyebabkan pusing disertai mual, pandangan kabur, keringat dingin hingga penurunan kesadaran.

Cara untuk mengatasi mual di rumah, anda dapat melakukan:

1. Minum air putih akan membuat anda lebih nyaman. Menurut penelitian, jahe dan lemon dapat membantu menghilangkan rasa pusing dan mual.

2. Istirahat dengan posisi berbaring atau duduk bersandar. Karena menyebabkan aliran otak lancar sehingga mengurangi pusing.

3. Hindari makan pedas, asam, kopi dan teh. 

4. Untuk obat, ada bisa mengkonsumsi paracetamol 500mg. Diminum seharu tiga kali untuk meredakan pusing.

Jika dengan tatalaksana diatas, pusing dan mual semakin memberat. Dan disertai tidak mau makan minum. Disarankan segera ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala maag yang parah harus ditangani dengan obat maag dengan konsultasi dokter.

Sebelum Jadi Parah, Jangan Abaikan Ciri-Ciri Maag Ini

Ciri-ciri maag berupa muntah, mual, rasa sakit di perut bagian atas, kembung, kurangnya nafsu makan, dan cegukan. Mengobati maag harus dengan obat maag dengan diagnosis dokter.