09 May 2021, 00:40Kulit & Kelamin

Bentol merah yang menyebar dan terasa gatal disebabkan apa?

FP
Info Penanya: FP0
Dok kulit saya pada merah di bagian paha, awalnya seperti di gigit nyamuk lama lama menyebar. Yang saya alami gatel dan nyeri kira kira itu kenapa ya dok?
373 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo F,Bentol seperti digigit nyamuk dapat disebabkan oleh biduran, atau disebut juga dengan urtikaria yang merupakan reaksi alergi terhadap sesuatu misalnya karena terkena serangga, maupun karena bulu hewan. Penyebab alergi dapat berasal dari makanan, sabun, udara dingin, dan dapat terjadi pada seluruh tubuh.

Kemungkinan penyebab bentol

Namun jika Anda tidak pernah memiliki riwayat alergi sebelumnya, adanya bentol juga dapat disebabkan oleh iritasi ringan, namun diperparah dengan aktifitas menggaruk karena gatal sehingga keluhan justru semakin meluas. Kemungkinan ini dapat terjadi karena jika disebabkan alergi umumnya Anda tidak akan merasakan nyeri dan hanya merasakan gatal. Adanya rasa perih atau nyeri, lebih disebabkan oleh iritasi baik itu karena gigitan semut atau lecet halus yang digaruk.Untuk memastikan penyebab, lakukan pemeriksaan ke dokter jika dalam 2 hari keluhan tidak membaik dengan sendirinya, selain itu beberapa hal yang dapat Anda lakukan selama 2 hari tersebut adalah mengompres kulit yang gatal dengan air dingin, dan juga gunakan bedak kocok, selain itu hindari menggaruk area tersebut. Jika gatal tidak tertahankan, konsumsi obat antihistamin seperti chlorpheniramine maleat 3x sehari setelah makan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
alergiurtikariagigitan serangga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil