08 Nov 2020, 21:03Infeksi

Cara mengatasi kaki tertusuk paku

AA
Info Penanya: AA0
Bagai mana cara agar kaki yang terusuk paku tidak bengka atau infeksi
54557 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AA,Luka tusuk adalah luka yang bisa terjadi dengan karakter luka yang bisa tidak luas tetapi dalam. Luka ini bisa disebabkan akibat tertusuk benda tajam ataupun tumpul seperti misalnya akibat terinjak paku, tertusuk pisau, tertusuk jarum dan lainnya.Pada dasarnya setiap luka yang terjadi berpotensi menimbulkan risiko infeksi, baik infeksi biasa sampai infeksi tetanus. Untuk itu apabila mengalami tertusuk paku dan terdapat luka perlu dilakukan perawatan luka. Beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah:
  • Cuci tangan sebelum melakukan perawatan luka
  • Bersihkan luka dengan air bersih mengalir atau bisa gunakan cairan infus nacl selama 5-10 menit. Bisa juga bersihkan luka dengan air dan sabun
  • Jika ada perdarahan bisa hentikan dengan menekan luka
  • Setelah itu bersihkan luka dengan cairan antiseptik seperti povidone iodine cair 
  • Tutup luka dengan kassa steril
Jika mengalami nyeri, bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol. Upayakan segera memeriksakan diri pada dokter untuk dilakukan perawatan luka lebih lanjut dan juga bisa diberikan obat antibiotik baik obat minum ataupun salep agar luka tidak menjadi infeksi.Perhatikan agar selalu menggunakan alas kaki dan menjaga luka tetap kering dan bersih selama kurang lebih 14 hari. Jika sampai 14 hari tidak ada gejala infeksi maka penyembuhan bisa berjalan baik. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyembuhan lukatetanusluka traumatis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil