Kaki terasa sakit setelah olahraga sore

D Info Penanya: D, Pria, 19 Tahun
Dok kenapa ya saya habis olah raga sore kaki saya terasa sakit keduanya udah seminggu lebih sakit nya di atas mata kaki jarak dari mata kaki sekitaran 10 cm apakah ada cara untuk menghilangkan nya dok umur saya baru 20 th ? Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Keluhan sakit pada kaki dapat ditimbulkan karena adanya gangguan pada jaringan penyokong kaki seperti masalah pada otot, tulang, sendi, ligamen, persarafan atau lainnya. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti:

  • Jarang berolahraga
  • Melakukan aktivitas olahraga berat
  • Tidak menggunakan peralatan olahraga yang baik
  • Cedera pada tulang, ligamen, otot, atau sendi seperti keseleo
  • Peradangan pada otot atau sendi
  • Kelelahan
  • Kurang asupan nutrisi atau elektrolit

Untuk itu beberapa penanganan yang dapat dilakukan adalah mengistirahatkan kaki yang nyeri, mengompres bagian yang nyeri dengan kompres es, meletakan kaki dengan posisi yang lebih tinggi dari tubuh saat beristirahat, hindari berdiri lama atau mengangkat beban berat, melakukan olahraga atau peregangan ringan, perbanyak minum air putih, mengoleskan krim atau balsem pereda nyeri, atau dapat mengonsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan.

Tetapi jika timbul pembengkakan, rasa nyeri tidak juga membaik, kebiruan pada kaki, teraba hangat pada bagian yang nyeri dan mengalami kesulitan berjalan maka ada baiknya untuk memeriksakan kondisi Anda pada dokter agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penagangan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor risiko penderita atrofi otot adalah orang lanjut usia

Atrofi Adalah Ancaman Bagi Fungsi Otot, Ini Sebabnya

Atrofi adalah menyusutnya atau menghilangnya massa tubuh. Atrofi dapat terjadi pada otot, otak, maupun tulang. Dari ketiga jenis atrofi otot, atrofi neurogenik adalah yang terparah.