Kaki terasa panas dan gatal

FF Info Penanya: FF, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ada keluhan mengenai kaki saya sudah terjadi selama 3 hari terasa panas dan gatal ketika terjadi menunjukan keadaan bangun tidur dan sore hari apakah disebabkan oleh alergi atau apa ya dok ? Mohon jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F,

Keluhan rasa tidak nyaman disertai rasa panas dan gatal jika sudah berlangsung beberapa hari ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter agar dapat diketahui penyebabnya. Perhatikan juga gejala lain yang menyertai dan yang memicu timbulnya gejala. Beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebabnya diantaranya:

  • Reaksi alergi pada kulit dapat dipicu oleh beragam paparan alergen seperti udara dingin, debu, makanan dan minuman tertentu, bahan pakaian tertentu, keringat, paparan bahan kimia
  • Penyakit kulit seperti infeksi kulit, peradangan pada kulit
  • Peradangan pada sendi atau otot di area sekitar yang mengalami nyeri
  • Dipicu penyakit penyerta lain seperti penyakit sendi

Untuk itu perhatikan hal apa yang dapat memicu timbulnya gejala dan hindari, perhatikan ketika gejala datang apakah timbul gejala lain yang menyertai agar membantu dokter untuk menentukan penyebabnya. Ketika gejala datang dapat dilakukan beberapa upaya seperti menggunakan bedak salisil atau lotion calamine untuk meredakan rasa gatal. Hindari mengggaruk bagian yang terasa gatal agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit melepuh dapat terjadi karena reaksi alergi yang parah terhadap obat antibiotik

Kulit Melepuh dan Mengelupas Bisa Saja Berkaitan dengan Alergi Antibiotik

Stevens-Johnson syndrome adalah penyakit yang menyebabkan kulit menjadi melepuh karena reaksi alergi yang parah terhadap obat-obatan, terutama antibiotik.