Kenapa kaki terasa gatal terus menerus?

KC Info Penanya: KC, Pria, 1 Tahun
Dok kaki saya gatal terus saya garuk sampai luka dan bengkak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi KC,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Beberapa kondisi yang menyebabkan gatal di area kaki :

  1. Infeksi jamur
    Membuat kulit kaki yang terinfeksi menjadi merah, bersisik, kering, pecah-pecah atau melepuh. Faktor resikonya terjadi pada seseorang yang kakinya sering berkeringat atau banyak menghabiskan waktu di tempat basah dan lembab.
  2. Kulit kaki kering
    Telapak kaki yang kering dan pecah akan menimbukan rasa tidak nyaman, gatal atau kulit yang kering sehingga menimbulkan luka terbuka. Faktor penyebabnya adalah udara dingin dan kering, dehidrasi , sering mandi air panas terlalu lama, penggunaan sabun yang menyebabkan iritasi.
  3. Gigitan serangga, tungau atau scabies
    Menyebabkan kemerahan dan bentol-bentol, kulit bersisik atau melepuh
  4. Dermatitis
    Dermatitis kontak merupakan penyebab reaksi alergi di kulit yang dapat menyebabkan gatal, kemerahaan, kulit kering, nyeri atau perih akibat kontak dengan zat pencetus alergi
  5. Kondisi medis tertentu
    Seperti penyakit hati, neuropati perifer, psoriasis, diabetes dan penyakit ginjal.

Cara mencegah gatal di telapak kaki adalah membersihkan kaki ketika kotor dan langsung keringkan setelahnya, oleskan pelembab kaki setelah selesai mandi, hindari menggunakan sepatu saat masih basah, hindari kebiasaan menggaruk kaki, gunakan kaos kaki yang berbahan nyaman dan ganti kaos kaki setiap hari. Jika cara diatas sudah Anda terapkan dan gatal tetap saja muncul atau justru semakin memburuk sebaiknya segera dikonsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit untuk dipastikan penyebab dan pengobatannya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.