Kaki terasa gatal, digaruk sampai bernanah dan luka.

MY Info Penanya: MY, Pria, 25 Tahun
hallo dokter, kenapa ya di jari kaki saya terasa gatal, tpi setelah habis digaruk kok sampai bernanah di benjolannya, sampai ada yg sudah jadi luka terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MY

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kulit yang terasa gatal kemudian digaruk, bila Anda menggaruknya bisa saja sampai luka. Kemudian kuku tangan bisa mengandung kuman sehingga luka tersebut sampai bernanah. Nanah berasal dari kuman.

Penyebab gatal di jari kaki bermacam-macam, namun yang paling sering adalah jamur. Biasanya berawal di sela-sela jari kaki, faktor penyebabnya kaki berkeringat dan menggunakan sepatu yang sempt. Awalnya kulit bersisik yang terasa gatal, perih atau panas. Infeksi jamur juga menular bisa dari lantai, handuk atau pakaian. 

Untuk mengatasinya bisa menggunakan obat anti jamur yang dijual bebas. Namun bila keluhan tidak berkurang, maka sebaiknya dibawa periksa langsung ke dokter kulit untuk diberikan obat yang memerlukan resep dokter.

Untuk pencegahannya jangan menggunakan kaos kaki basah atau sepatu ketat. Jangan berbagi karpet, seprei, pakaian, atau sepatu dengan orang yang terinfeksi jamur. Gunakan alas kaki di tempat umum, seperti kolam renang, shower, sauna atau kamar ganti.

Bila sering Anda garuk bisa juga berpindah ke tangan dan tempat lain yang Anda garuk. Saya lampirkan artikel mengenai penyebab lain gatal di tangan dan kaki.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri

Pahami Gejala Infeksi Kulit Necrotizing Fasciitis

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri yang menyebar dengan begitu masif. Penanganan cepat menjadi kunci kesembuhan. Gerbang masuk ke tubuh manusia paling mudah bagi bakteri adalah saat ada luka terbuka, luka bakar, gigitan serangga, hingga luka pascaoperasi.