15 Sep 2021, 10:45Saraf

Kenapa kaki sering kesemutan dan nyeri?

AT
Info Penanya: AT0
Pagi dok, saya mau tanya kaki saya yg sebelah kanan sering sekali kesemutan,apalagi ketika saya duduk dan atau jongkok pasti bbrp detik kemudian lngsng kesemutan, posisi yg nyaman saya kali ini hanya tengkurap krna posisi itu yg saya tdk mengalami kesemutan, dan terkadang ketika saya menganti posisi telentang kaki saya akan terasa kesemutab lgi dan agak ngilu di bagian betis sampai tulang kering, kira2 itu kenapa ya dok? Mohon bantuanya..
417 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaannya.Kesemutan adalah rasa seperti tertusuk jarum yang biasanya berhubungan dengan adanya gangguan pada aliran darah dan juga sistem saraf.  Kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya namun dapat menetap dan makin lama timbul keluhan lain.  

Penyebab kaki kesemutan :

  • Peredaran darah kurang lancar biasanya karena posisi tertentu misal saat kaki menekuk atau ada yang menimpa.
  • Kekurangan vitamin B dapat menimbulkan masalah di sistem saraf. 
  • Penekanan pada saraf tulang belakang akibat peradangan, adanya penonjolan tulang ataupun cedera tulang belakang. 
  • Riwayat diabetes. 
  • Cemas berlebih, serangan panik. 
Sedangkan kaki yang terasa nyeri menjalar bisa terjadi pada faktor kram otot akibat posisi yang salah, peradangan pada sendi, otot ataupun tendon, serta adanya gangguan pada saraf ditulang belakang bagian punggung bawah.  Bila terjadi hanya pada posisi tertentu bisa jadi kaki kesemutan karena faktor peredaran darah terhambat.  Untuk itu jika sudah menganggu aktivitas sehari-hari ada baiknya lakukan pemeriksaan ke puskesmas atau langsung konsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk penanganan lanjutan.  

Beberapa tindakan awal mengatasi kesemutan dan nyeri di kaki :

  • Hindari posisi yang memicu. 
  • Perbanyak minum air putih. 
  • Konsumsi makanan tinggi vitamin B dan tambahkan juga suplemen vitamin B kompleks. 
  • Kompres hangat pada yang sering kesemutan dan nyeri selama 15 menit, ulang 5-7 kali sehari. 
  • Batasi dulu aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi pada kaki yang sakit. 
  • Lakukan peregangan rutin untuk mencegah kekakuan. 
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
saraf tulang belakangtendinitissaraf terjepitnyeri ototradang sendikesemutan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil