Kaki pendek sebelah akibat patah tulang paha

RS Info Penanya: RS, Wanita, 16 Tahun
Pagi Dokter,Sekitar empat bulan lalu, tulang paha saya patah. Saat ini kaki saya menjadi lebih pendek sebelah dan lutut saya tidak dapat ditekuk. Apa penyebabnya dan apa yang harus saya lakukan, Dokter? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Ibu RS,

Patah tulang paha, seharusnya pengobatannya dengan melakukan operasi penyambungan tulang oleh Dokter yang kompeten. Karena bila tidak ditangani dengan baik maka penyembuhan tulang akan tidak sempurna malah menimbulkan bermacam komplikasi.

Penyembuhan tulang paha yang tidak sempurna dapat menyebabkan komplikasi antara lain :

  1. Komplikasi pada persendian, seperti sendi lutut yang tidak bisa ditekuk akibat kontraktur sendi dan kekakuan sendi
  2. Penyembuhan tulang yang tidak normal seperti malunion, delayed union dan non union dapat menyebabkan kaki menjadi pendek sebelah, infeksi pada tulang, tulang tidak sembuh atau sembuh dengan cacat dalam waktu yang lama
  3. Komplikasi pada otot seperti infeksi otot dan radang otot
  4. Komplikasi pada syaraf seperti kelumpuhan syaraf

Kondisi yang Ibu alami saat ini adalah komplikasi akibat penyembuhan patah tulang yang tidak sempurna, hal ini dapat ditangani dengan melakukan operasi kembali untuk tujuan rekonstruksi dan koreksi tulang yang patah.

Bila operasi tidak dilakukan segera maka dikhawatirkan dalam waktu 5 tahun ke depan akan terjadi komplikasi yang lebih serius akibat ausnya bantalan sendi, sehingga menimbulkan kelainan pada daerah panggul, lutut, dan sampai ke tulang belakang.

Sebaiknya Ibu segera mengunjungi Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi (SpOT) untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit punggung kronis adalah kondisi seseorang yang mengalami nyeri tulang punggung lebih dari 3 bulan

Penyebab dan Cara Mengatasi Tulang Punggung Sakit

Sakit dan nyeri tulang punggung berkepanjangan akan menganggu aktivitas. Beberapa penyebab tulang punggung sakit, antara lain masalah pada otot dan masalah pada bantalan tulang belakang. Jika dibiarkan, kondisi ini akan memicu penderita terkena sakit punggung kronis.