19 Dec 2020, 22:27Saraf

Penyebab kaki terasa kebas atau mati rasa

JD
Info Penanya: JD0
Dok sya mau tanya .sya merasakan kaki sperti kebas dok..! Sblom merasakan kebas sya pas kerja ibu jari kaki saya ketimpah drum plastik.mnta pnjesalannya dok.dan bagai mana cara menghilangkan rasa kaki kebas ini? Sblmnya Terimakasih dokter sudah menjawab pertanyaan saya?
295 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo J,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kaki selain digunakan untuk berjalan, melompat, berlari, juga sebagai penompang tubuh. Jika badan yang ditompang terlalu berat karena obesitas, maka kakipun dapat mengalami gangguan, seperti nyeri pada sendi lutut, keram pada otot kaki, dan kesulitan berjalan.

Penyebab kaki terasa kebas atau mati rasa

Penyebab kaki terasa kebas atau mati rasa antara lain :
  • Penekanan saraf yang terlalu lama misalnya saat seseorang berkerja dengan kaki yang ditekuk secara terus menerus, atau duduk bersila.
  • Penyakit yang menyerang persarafan misalnya pada orang dengan diabetes militus dimana gula tidak terkontrol dengan baik yang pada akhirnya merusak saraf-saraf termasuk saraf pada kaki (neuropati) yang menyebabkan kaki terasa kebas dan mati rasa.
  • Pasien stroke memberikan gambaran kelemahan, kebas, mati rasa pada sebagian tubuh.
  • Penjepitan saraf tulang belakang akibat trauma ataupun proses penuaan.
  • Trauma pada kaki dapat menyebabkan kaki mati rasa seperti yang Anda alami. Karena saat terjadi benturan, maka saraf akan mengalami cidera.
Yang dapat Anda lakukan adalah kompres dingin pada kaki segera setelah trauma hingga maksimal 2 hari, untuk mengurangi bengkak serta nyeri. Setelah lebih dari 2 hari dapat dilakukan kompres hangat yang bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah agar proses penyembuhan dapat menjadi lebih cepat. Anda dapat melakukan pijatan ringan pada area sekitar kaki yang terbentur. Konsumsi obat nyeri seperti parasetamol 3x500 mg setelah makan, dan vitamin saraf B complex 1x1 tablet setelah makan untuk mengurangi gejala. Jika nyeri dan kebas pada kaki bertambah parah, segera ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
neuropati periferpereda nyerineuropati diabetik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil