01 Dec 2020, 17:32Kulit & Kelamin

Sakit gula, penyebab kesemutan pada kaki.

DS
Info Penanya: DS0
Kulit me-merah gatal terus menerus seperti kesemutan,tapi di garuk tidak memar.pengakit apa?
546 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo Ds,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Rasa gatal dan kesemutan di tubuh dapat disebabkan oleh ransangan rasa gatal, ataupun kerusakan pada saraf yang membuat tubuh "memberi sinyal yang salah" walau tidak ada pemicunya. Kerusakan saraf ini dapat disebabkan oleh benturan pada kepala dan tulang belakang, penyakit diabetes militus, stroke dll.

Penyebab kesemutan pada kaki

Kesemutan sering dialami oleh orang tua dengan penyakit penyerta, namun semua orangpun dapat mengalaminya. Penyebab kesemutan antara lain :Sakit DM disebut dengan "mother of disease" atau induk dari segala penyakit karena gula darah yang tidak terkontrol dengan baik dapat merusak ke seluruh organ tubuh termasuk saraf. Jika saraf ini rusak, maka akan menimbulkan rasa kebas serta kesemutan.
  • Penekanan yang terlalu lama pada saraf yang terkena
Ini terjadi jika kita duduk dalam posisi yang lama dengan kaki ditekuk, kebiasaan penekanan pada kaki akibat penggunaan alas kaki yang tidak pas, penekanan pada tangan secara terus menerus misalnya pembalap (carpal tunel syndrome).Stroke dapat menyerang saraf sensorik maupun motorik. Ini membuat sebagian atau seluruh organ tubuh menjadi tidak terasa, kebas, dan kesemutan.Kepala dan tulang belakang merupakan pusat saraf, jika terjadi benturan makan saraf dari rusak.

Penanganan kesemutan pada kaki

Penaganan kesemutan pada kaki sesuai dengan penyebabnya. Anda juga dapat melakukan senam untuk memperlancar aliran darah dan saraf secara tertur dan konsisten. Jangan merendam kaki Anda ke dalam air hangat agar tidak terjadi luka, dan kulit mengering. Lakukan pijatan ringan di daerah yang kesemutan. Jangan berdiam dalam posisi yang lama.Lakukan pemeriksaan medical checkup secara rutin minimal 1xsetahun, agar kondisi tubuh Anda dapat dipantau secara menyeluruh.Jik keluhan yang Anda rasakan terus berlanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter. Semoga bermanfaat, dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
tumorcedera saraf tulang belakangkesemutan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil