kaki mati rasa sulit berdiri seperti lumpuh dan cepat lelah

TA Info Penanya: TA, Wanita, 2019 Tahun
Halo dok saya ingin tanya. Kemarin kaki saya mati rasa dan tidak bisa untuk berdiri seperti lumpuh. Dan saya sering merasa cepat lelah dan napas saya sering sesak(terasa bera). Kira" itu berbahaya tidak ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TAA

Gejala kaki mati rasa lumpuh disertai cepat lelah dan nafas sesak dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti gangguan elektrolit hipokalemia dan gangguan saraf.

Pada gangguan elektrolit hipokalemia atau kurangnya Kalium dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kurang asupan kalium saat diet ketat, mual muntah berlebih, diare berlebih, konsumsi obat tertentu dan gangguan ginjal. Gangguan hipokalemia ini menyebabkan ion kalium turun sehingga mengganggu influx ion di sel saraf, otot dan otot jantung. 

Gangguan  tersebut dapat menyebabkan rasa kebas di kaki dan tangan, kelemahan otot tubuh, sulit bernafas dan gangguan irama jantung. Pada tahap kadar kalium kurang <2,5 mmol/l ini menjadi sangat rendah dan berbahaya. 

Saya sarankan anda untuk perbanyak konsumsi pisang, multivitamin dan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD)

Salam sehat

dr. Zulham

TA
01 Aug 2019, 23:09
Terimakasih dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemberian vaksin dapat mencegah penyakit polio

Hati-hati! Kenali Gejala Polio yang Dapat Menyebabkan Kelumpuhan Total

Polio adalah penyakit serius yang dapat menyebabkan komplikasi. Dan penyakit polio sendiri memiliki beberapa jenis dan harus dipahami bagaimana gejala masing-masing jenisnya