23 Feb 2021, 09:52Penyakit Lainnya

Mengapa kaki tidak dapat ditekuk?

YN
Info Penanya: YN0
assalamualaikum dok, saya ingin bertanya. kenapa kaki kiri saya tidak bisa ditekuk ya dok? dan sekarang saya berjalan sedikit pincang? awalnya dulu saya pernah jatuh naik sepeda motor lalu kaki mengalami luka dibagian bawah lutut dan bengkak kemudian dilakukan operasi pada dokter yg saat itu menangani saya, tapi sesudah di operasi lalu kaki kiri saya tidak bisa ditekuk hingga sampai saat ini. mohon penjelasannya dok.
9250 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, YNTerima kasih atas pertanyaannya.Pergerakan kaki yang menekuk dan lurus ditentukkan pada bagian lutut.  Pada bagian lutut ini terdapat otot, sendi, ligament, tendon serta tulang.  Ketika ada masalah pada salah satu bagian ini, akan terjadi kondisi dimana kaki jadi tidak dapat ditekuk.  Kaki tidak dapat ditekuk dapat terjadi karena nyeri yang hebat sehingga tidak dapat tertekuk atau ada gangguan pada persedian yang menyebabkan gerakan terkunci pada satu posisi dan tidak dapat digerakkan apalagi dibuat berjalan. 

Penyebab kaki tidak dapat ditekuk :

  • Robekan meniscus atau kartilago lutut. Selain tidak dapat digerakkan, lutut akan kaku, bengkak, seperti berbunyi serta nyeri.
  • Adanya bagian tulang lutut yang patah karena terjatuh, patah tulang, adanya benda asing, atau aliran darah yang menurun.  Kondisi ini akan menyebabkan kekakuan yang kronis sehingga menganggu aktivitas.
  • Dislokasi pada tempurung lutut.
  • Peradangan pada tendon.
  • Gangguan pada jaringan sendi lutut.
Bila sebelumnya ada riwayat jatuh lalu dioperasi dan timbul keluhan maka sebaiknya periksa ke dokter spesialis ortopedi untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan jika diperlukan akan dilakukan rontgen untuk melihat apakah ada masalah di lutut yang menyebabkan keluhan anda terjadi.  Sementara ini memang batasi aktivitas mobilitas tinggi, lalukan kompres hangat. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
cedera lututtendinitisdislokasi lututradang sendi lutut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil