02 Feb 2021, 11:14Saraf

Kaki lemas, berat untuk berjalan, dan mati rasa

OG
Info Penanya: OG, Pria, 25 Tahun
assalamualikum wr. wb. maaf saya mau tanya, kenapa kaki saya ini sudah 1 minggu terasa lemas, berat sekali untuk berjalan dan terasa sedikit mati rasa. itu kenapa ya dokter?
3832 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, OG.Kaki adalah bagian tubuh yang menjadi penopang dan memegang peranan penting dalam beraktivitas. Apabila kaki mengalami gangguan, tentunya hal ini dapat menghambat aktivitas fisik sehari-hari. Misalnya, kaki yang lemas dan terasa berat untuk berjalan, seperti yang Anda alami.Perlu diketahui bahwa keluhan tersebut bisa dipicu oleh berbagai penyebab, mulai dari yang tidak membahayakan hingga cukup serius. Beberapa di antaranya adalah:
  • kelelahan akibat olahraga berat yang melibatkan otot kaki
  • faktor psikologis
  • dehidrasi (kekurangan cairan tubuh)
  • hipokalemi (kekurangan elektrolit kalium)
  • Guillain-Barré syndrome
Untuk sementara, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi cairan yang cukup. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi air kelapa hijau, untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh, ya. Hindari aktivitas yang melelahkan, terutama olahraga yang melibatkan otot kaki seperti berlari.Apabila keluhan tak kunjung membaik dengan cara-cara di atas, segera periksakan keluhan Anda kepada dokter spesialis saraf. Nantinya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang, lalu hasilnya akan dievaluasi untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Setelah itu, dokter akan memberikan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
guillain barre syndrompenyakit kakihipokalemia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil