Sakit pada bokong, betis, dan kaki terasa tertarik

NK Info Penanya: NK, Pria, 29 Tahun
Assalamu'alaikum.. Permisi dok saya ingin bertanya..Sudah 3 bulan ini saya merasakan sakit di bagian Bokong Kiri Belakang hingga ke Betis, dimana kaki saya terasa tertarik yang sangat menyakitkan.. Hal ini saya terima pada 3 bulan lalu saya melakukan posisi jongkok dan tiba-tiba kaki saya terasa seperti keram dan sangat sakit.. Hingga saat ini derita ini belum juga menghilang.. Jadi menurut dokter penyakit apa yang saya alami dan bagaimana cara mengatasinya.. Sekian terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NK.

Sakit pada bokong yang menjalar sampai betis dan kaki paling sering disebabkan oleh cedera otot hamstring, yaitu otot besar yang terletak di belakang paha. Biasanya, rasa sakit bisa disertai dengan pembengkakan, rasa panas, serta memar pada belakang paha.

Kemungkinan lainnya adalah HNP (Hernia Nukleus Pulposus), dimana sering disebut juga sebagai saraf kejepit. Kondisi ini disebabkan oleh dua ruas tulang belakang yang menekan satu sama lain, sehingga saraf di antaranya tertekan dan terasa nyeri. Tetapi, pada HNP, biasanya akan diawali dengan rasa sakit pada pinggang bawah.

Selain dua penyebab di atas, kram otot, iritasi saraf skiatika, atau kekurangan elektrolit juga bisa menyebabkan penyakit tersebut. Untuk memastikan, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis ortopedi, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti laboratorium atau radiologi. Dengan demikian, akan diberikan penanganan yang tepat.

Selain itu, sebaiknya Anda dapat banyak beristirahat di rumah, dan hindari aktivitas yang memberatkan otot hamstring. Lakukan beberapa gerakan di tautan ini untuk membantu penyembuhan. Kurangi berjongkok, berjalan, atau berlari. Konsumsi makanan yang kaya magnesium seperti pisang dan brokoli, serta cukupi kebutuhan protein misalnya dari ayam, daging, telur, dan tempe. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab nyeri punggung kaki umumnya adalah cedera

Penyebab Nyeri Punggung Kaki dan Tindakan Penanganannya

Nyeri punggung kaki dapat terjadi karena olahraga yang terlalu intens atau kecelakaan saat berolahraga. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab nyeri punggung kaki dan tindakan penanganan yang bisa Anda lakukan.