Kaki kram dan mata rabun, penyebabnya apa?

GA Info Penanya: GA, Pria
Assalamualaikum dokMau tanya kenapa akhir-akhir ini kaki kiri saya sering kram dan mata saya sering rabun dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, G.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kram kaki merupakan suatu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini diakibatkan karena otot kaki menegang dengan kuat secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit dan menghilang dengan sendirinya. 

Penyebab kram kaki yaitu dehidrasi, olahraga secara berlebihan, kelelahan, posisi duduk atau berdiri, kekurangan mineral, efek penggunaan obat-obatan, dan kondisi medis tertentu seperti neuropati perifer, diabetes, osteoarthritis, penyakit parkinson, dan hipotiroid. 

Untuk mengatasi gejala kaki yang kram, yang bisa Anda lakukan yaitu rutin melakukan peregangan, memperbanyak asupan cairan tubuh, mandi air hangat, dan makan makanan yang mengandung magnesium (pisang, ubi, bayam, kacang-kacangan, dan yogurt).

Sedangkan kondisi mata Anda yang rabun bisa disebabkan karena mata Anda mengalami mata minus (rabun jauh), mata plus (rabun dekat), atau silinder. Untuk memastikannya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata agar mendapatkan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi mata kering dapat dilakukan dengan berbagai tindakan mudah

7 Cara Mengatasi Mata Kering Ini Adalah Solusi Masalah Mata Anda!

Mata kering merupakan kondisi yang biasa terjadi pada banyak orang. Cara mengatasi mata kering dapat dilakukan dengan berbagai cara mudah, baik itu melalui tindakan medis sampai perubahan gaya hidup.