kaki kebas dan lemah setelah bangun tidur

PP Info Penanya: PP, Pria, 33 Tahun
Ketika bangun tidur kaki sebelah kiri saya kebas dan lemah,penyakit apakah itu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, PP

Ada banyak penyebab kaki menjadi kebas seperti: hambatan aliran darah balik kaki akibat deep vein trombosis atau klaudikasio sumbatan arteri tungkai, kompresi sistem saraf tulang belakang atau saraf tungkai bawah dan gangguan elektrolit seperti hipokalemia.

Salah satunya efek tidur yang membuat hambatan pergerakan darah balik vena dari kaki sehingga gejala yang di timbulkan adalah kaki terasa kebas. Selain itu gangguan saraf tungkai dan kompresi pada tulang belakang juga dapat membuat kaki terasa kebas. 

Beberapa penyakit metabolik seperti diabetes juga dapat melemahkan saraf kaki/neuropati dengan gejala umum kebas pada kaki. 

Saya sarankan anda untuk sering melakukan olahraga agar aliran darah balik tungkai bawah menjadi lancar. Anda juga diharuskan mengkonsumsi makanan seperti pisang, kacang kedelai dan sayuran jika masalah kebas akibat gangguan elektrolit hipokalemia. Jika memiliki kompresi saraf sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter Saraf untuk memastikan penyebab kaki terasa kebas apakah dari masalah saraf. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat olahraga juga penting bagi penderita paraplegia untuk meningkatkan stamina sekaligus kualitas hidup mereka

Lumpuh Bukan Halangan, Ini Manfaat Olahraga untuk Penderita Paraplegia

Penderita kelumpuhan, termasuk paraplegia, tetap bisa memetik manfaat olahraga. Bukan hanya menurunkan risiko penyakit, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien paraplegia.