Kaki kanan timbul bintik-bintik putih, kadang gatal.

MA Info Penanya: MA
Dok..sya mau tanya..kaki kanan saya timbul bintik2 putih kecil,,bukan panu tp kulit asli sya jadi tdk kelihtn..kdg gatal kdang engga...awal nya sdkt lama2 jdi lebar...tempat nya ada diatas tulang kering sya...mhon penjelasn nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Keluhan bintik-bintik putih di kaki bisa disebabkan oleh beberapa kelainan seperti :

  1. Infeksi jamur. Kondisi lingkungan yang lembab, tubuh yang mudah berkeringat, tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik akan menyebabkan jamur mudah berkembang biak. Infeksi jamur ini ditandai bercak-bercak keputihan dan bersisik, seringkali muncul keluhan gatal dan akan semakin gatal ketika sedang berkeringat.
  2. Dermatitis. Adanya iritasi pada kulit yang disebabkan oleh faktor stres. Kelainan ini sering berupa bintik-bintik merah keputihan yang akan semakin gatal ketika banyak pikiran, bila sedang tidak ada masalah maka keluhan akan menghilang sendiri.
  3. Vitiligo. Kondisi dimana kulit kehilangan pigmen melanin dan menyebabkan bercak berwarna putih-putih. Penyebab kelainan ini belum diketahui secara pasti, namun dicurigai berhubungan dengan gangguan imun, terpapar sinar matahari, faktor turunan, dan stres.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari bintik-bintik semakin banyak adalah dengan cara menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi, hindari menggaruk bagian yang gatal, bila terasa gatal cukup dengan menepuk-nepuk, bila terasa sangat gatal bisa dibantu dengan obat golongan antihistamin, minum minimal 2 liter per hari untuk menjaga kelembaban kulit.

Namun karena penyebab belum jelas, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.