Kaki kanan terasa sakit saat diluruskan, apakah penyebabnya ?

SP Info Penanya: SP
Kaki kanan kalau d lurusin sakit kalu buat duduk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SP.

Pada kaki terdapat tulang, sendi, penyanggah sendi, otot dan pembuluh darah. Setiap gangguan pada jaringan tersebut dapat menyebabkan kesulitan saat berjalan ataupun nyeri.

Kemungkinan penyebab dari keluhan anda, antara lain :

- Trauma

- Osteoarthritis,

- Rhematoid arthritis

- Gout

Untuk memastikan penyebab dan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti anamnesa (tanya-jawab) ulang, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Sebaiknya anda ke dokter spesialis orthopedi agar dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Pengobatannya sendiri, jika disebabkan oleh trauma pada jaringan-jaringan di sekitar sendi, tindakannya tergantung diagnosa. Sementara untuk rematik, hingga sekarang belum ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan penyakit rematik, kecuali penyakit rematik yang disebabkan oleh infeksi. Obat yang tersedia hanya mengatasi gejala penyakitnya (analgetik/penghilang nyeri, steroid). Pengobatan selain obat-obatan antara lain pemberian suplemen, istirahatkan sendi yang sakit namun tetap harus digerakan untuk cegah kekakuan, rehabilitasi (fisioterapi), mengurangi berat badan jika berat berlebih.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.