Kaki dan tangan sering bengkak seperti banyak air

EH Info Penanya: EH, Wanita, 37 Tahun
saudara saya melakukan tes tersebut karna selama ini kaki rangan sering kali bengkak seperti banyak air
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, EH

Kondisi bengkak pada kaki dan lengan disebut edema. Memang penyebabnya adalah cairan yang terperangkap di jaringan tubuh. Bisa terjadi dimana saja tapi yang paling sering tampak adalah di anggota tubuh seperti lengan dan kaki. Penyebab yang paling sering memang akibat gangguan ginjal terutama bila ada riwayat diabetes sebelumnya. Selain itu bisa juga akibat obat-obatan tertentu seperti obat hipertensi atau diabetes. Bisa juga proses alami seperti kehamilan atau terlalu banyak duduk di satu tempat.. Pada kondisi klinis selain gangguan ginjal bisa juga adanya gangguan di jantung atau hati.

Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter untuk mendapatkan terapi untuk mengeluarkan cairan serta harus mengurangi asupan garam di makanan. Bila disebabkan suatu kondisi penyakit maka, penyebabnya yang harus ditangani. Tanda bahayanya jika ada sesak napas atau nyeri dada. Semoga penjelasannya bermanfaat. Saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi kaki bengkak untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.