Kaki cantengan lama, bagaimana penanganannya?

HB Info Penanya: HB, Pria, 1 Tahun
Dok saya mau bertanya kaki saya terkena cantengan sudah lama, namun beberapa bulan ini cantengan saya menjadi aneh, terjadi pembengkakan di daerah cantengan, dan daerah di sekitar kuku berwarna ungu (tidak di kuku namun di daerah sekitarnya) dan ungunya pekat sekali dok hampir berwarna hitam, apakah itu parah? Bagaimana penanganannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HB,

Cantengan atau ingrown nail adalah masalah pada jaringan kulit sekitar kuku yang bisa menjadi bengkak ataupun sampai timbul luka dan infeksi. Selain karena cantengan, masalah kuku dan kulit sekitar jari sendiri bisa juga timbul karena infeksi kuku akibat jamur baik pada kulit sekitar kuku ataupun infeksi jamur pada kuku itu sendiri.

Beberapa penyebab cantengan sendiri diantaranya adalah:

  • Trauma atau luka pada kuku
  • Memotong kuku terlalu pendek 
  • Pertumbuhan kuku yang tidak normal sehingga menekan kulit di samping kuku
  • Penggunaan alas kaki seperti sepatu yang terlalu sempit

Jika terdapat perubahan warna keunguan bisa menandakan adanya lebam atau perdarahan pada area sekitar kuku tersebut. Jadi ada baiknya untuk memeriksakan kondisi kuku Anda pada dokter terdekat.

Nantinya penanganan cantengan sendiri dilakukan dengan melakukan perawatan luka dan pembersihan area sekitar kuku. Jika ternyata terdapat infeksi atau kuku perlu dicabut, maka akan dilakukan operasi cantengan untuk melepas kuku di jari tersebut.

Sementara saat ini bisa rendam kaki dengan air hangat, berikan salep antibiotik jika ada, dan bisa konsumsi pereda nyeri jika diperlukan.

Upayakan menjaga kebersihan kaki dan hindari hal yang bisa memicu terjadinya cantengan berulang seperti misalnya memotong kuku terlalu pendek, penggunaan alas kaki yang sempit dan juga rajin mencuci kaki dan keringkan sampai benar-benar kering setelahnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutikula jangan dipotong atau dihilangkan saat melakukan perawatan kecantikan kuku

Mengapa Kutikula Kuku Tidak Boleh Dipotong? Ini Jawabannya!

Kutikula kuku seringkali dipotong habis saat perawatan manikur dan pedikur. Padahal sebaiknya, kutikula tidak dianjurkan untuk dipotong. Mengapa demikian?