Kaki berlubang kecil-kecil dan bau tidak sedap. Apa penyebabnya?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 2019 Tahun
Kaki saya berlubang kecil kecil dan bau nya tidak sedap
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gangguan yang anda alami disebabkan oleh bakteri yang mengeluarkan enzim sehingga mencerna lapisan keratin di kulit kaki. Enzim tersebut menyebabkan bau yang tidak sedap. Gangguan kulit ini tidak menular dan cara pencegahannya dengan menjaga kebersihan kaki dan sepatu secara teratur. Dan setiap hari mengganti kaus kaki, bila mudah berkeringat disarankan memakai kaus kaki dari bahan katun yang menyerap keringat. Bisa juga menggunakan bedak untuk mengurangi keringat dan bau yang ditaburkan pada kaki sebelum memakai sepatu.

Untuk lebih jelasnya anda dapat konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit agar terapinya sesuai dengan kondisi anda. Biasanya akan diberikan antibiotik atau antiseptik salep. Hindari kaus kaki dan sepatu yang sempit. Pada kasus berat infeksi bisa menyebar ke kulit sekitarnya dan menjadi selulitis pada kaki.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN*
09 Sep 2019, 02:17
Termakasih atas sarannya dok

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi parasit, dermatitis atopik, dan kulit kering adalah penyebab gatal pada kulit lansia

Mengapa Lansia Sering Mengalami Gatal-gatal pada Kulit?

Selain perubahan kulit karena faktor usia, penyebab gatal pada kulit lansia adalah adanya infeksi parasit, dermatitis atopik, kulit kering, dan penyakit ginjal.