17 Feb 2021, 09:39Jantung

Kaki bengkak, diabetes dan jantung bengkak harus bagaimana?

DS
Info Penanya: DS0
Dear Dokter Sy sakit kaki dan tungkai kiri bengkak udah 3 bulan apakah ada hubungannya dengan jantung bengkak? Sy juga diabetes dan darah tinggi. Gda sy waktu itu 560 tensi 150 dan sy covid juga waktu itu opname 1bln. Sy dikasih obat biprolol sama candesarten miniaspi furosemid apakah sy boleh minum xarelto.krna jantung detaknya tdk teratur dan sering berdebar kencang. Sebaiknya sy harus bagaimana supaya kaki saya kempes. Terimakasih
6121 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore DSDiabetes Mellitus adalah salah satu penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol. Diabetes merupakan kondisi gula darah yang tinggi karena kegagalan hormon insulin tubuh dalam memproses gula darah.

Kompikasi Diabetes

Partikel gula dalam darah yang besar dapat menghambat atau mengganggu aliran darah sehingga dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Komplikasi-komplikasinya adalah:
Adanya tungkai kaki yang bengkak disebabkan karena penumpukan cairan pada ekstrasel. Hal ini merupakan salah satu gejala dari nefropati diabetik. Pembengkakan bisa timbul di mata, tangan atau kaki. Hal ini juga bisa berkaitan dengan gagal jantung yang disebabkan pembengkakan jantung.

Mengobati Kaki Bengkak

Pengobatan furosemid diberikan untuk mengurangi penumpukan atau kelebihan cairan sehingga dapat mengurangi bengkak. Sedangkan Miniaspi (aspirin) merupakan antikoagulan untuk mencegah plak pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan dan Candesartan untuk mengontrol tekanan darah anda.Konsumsi Xalerto tanpa anjuran dokter sangat tidak disarankan. Xalerto mengandung Rivaroxaban yang juga berfungsi sebagai antikoagulan dan tujuan konsumsi obat ini bukan untuk mengurangi bengkak.Anda bisa menaikkan kaki lebih tinggi saat tidur dengan diganjal bantal atau dinaikkan ke kursi saat duduk dan hindari melipat kaki, serta gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak berdiri terllau lama. Anda juga bisa melakukan senam kaki diabetes yang bisa dilakukan sambil duduk.Konsultasikan ke dokter spesialis gizi untuk mengetahui makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi dan yang pantang untuk dikonsumsi. KOntrol pula secara rutin ke dokter spesialis penyakit dalam.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
diabeteskomplikasi diabetesgagal jantungpembengkakan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil