24 Dec 2020, 21:11Penyakit Lainnya

Penyebab kaki bengkak secara tiba-tiba

FD
Info Penanya: FD0
Tiba2 kaki bpk sy bengkak sehabis plg ngaji
558 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang FD.Kaki bengkak secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh banyak hal. Kaki yang berfungsi sebagai organ untuk berjalan juga berfungsi untuk menopang badan. Letak kaki yang jauh dari jantung membuat aliran darah dari kaki sulit untuk naik, sehingga terjadi penumpukan cairan pada kaki menyebabkan kaki membengkak.

Penyebab kaki bengkak secara tiba-tiba

Penyebab kaki bengkak secara tiba-tiba antara lain :
  • Benturan pada kaki menyebabkan aliran darah semakin meningkat begitu pula dengan sel darah putih yang melindungi kaki dari infeksi. Penumpukan darah dan sel darah putih ini menyebabkan kaki menjadi bengkak.
  • Penyakit ginjal kronis menyebabkan ginjal tidak dapat menyaring cairan dan racun yang akan dibuang melalui urin, menyebabkan seluruh tubuh bengkak termasuk kaki.
  • Penyakit gagal jantung juga menyebabkan jantung tidak bisa memompa darah yang maksimal baik ke seluruh tubuh maupun kembali ke jantung. Sehingga darah akan tetap berada di kaki.
  • Infeksi pada kaki akibat luka maupun gigitan serangga menyebabkan kaki membengkak, merah, dan nyeri.

Cara mengatasi kaki bengkak secara tiba-tiba

Cara mengatasi kaki bengkak secara tiba-tiba antara lain :
  • Jika bengkak disebabkan oleh benturan yang menimbulkan memar, maka Anda dapat melakukan kompres dingin pada area yang terbentur segera setelah trauma. Kompres hangat dapat dilanjutkan setelah 2 hari pasca trauma.
  • Jika penyebab kaki bengkak akibat infeksi pada kaki, maka infeksi harus diobati terlebih dahulu dengan membersihkan luka secara teratur menggunakan povidone iodine, atau dengan pemberian salap antibiotik oleh dokter.
  • Penyebab kaki bengkak akibat gagal ginjal harus diatasi penyebab yang ada, misalnya gula yang tidak terkontrol, ataupun tensi yang terus tinggi harus dievaluasi dan diberi terapi.
  • Penyakit gagal jantung juga harus diatasi penyebabnya dengan menjaga pola makan yang seimbang, tidak merokok, menghindari garam yang terlalu banyak, menjaga kolesterol di dalam darah agar selalu stabil.
  • Naikkan kaki lebih tinggi dari dada saat berbaring, untuk membantu aliran darah di kaki mengalir kembali ke jantung.
Jika keluhan kaki membengkak terus dirasakan terutama diikuti dengan gejala sesak nafas yang memberat saat melakukan aktifitas, nyeri, dan merah pada kaki, serta demam, segera bawa Ayah Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gagal ginjal kronisgagal jantungpembengkakan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil