Kaki bengkak, otot betis pegal dan sulit untuk jalan. Nyeri dirasakan juga sampai pinggang.

AP Info Penanya: AP, Pria, 26 Tahun
Selamat pagi dok.. saya mau nanya. Kenapa kaki saya tiba2 bengkak duaduanya lagi sampe mata kakinya ketutup kaya yg gak ada mata kakinya. Otot betis pegel banget sampe paha jalan pun susah. Padahal gak cidera ataupun keseleo pas olah raga sekarang merembet sakitnya sampe pinggang. Trima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AP

Bengkak pada kaki disebabkan banyak hal. Paling sering tentu saja adalah kelebihan cairan dan garam yang mengakibatkan cairan menumpuk di kaki sesuai dengan gravitasi. Bila sudah ada keinginan untuk kencing sebaiknya jangan ditahan. Dan bila memang bengkak tidak berkurang bisa dengan memposisikan lebih tinggi daripada tubuh agar cairannya tidak menumpuk di kaki.

Otot kaki terasa pegal bisa karena gangguan kelebihan garam tadi sehingga sinyal listrik di saraf tepi tubuh dan terasa pegal, kesemutan, perih atau nyeri. Sinyal saraf menjalar dari ujung tubuh ke jaringan saraf tulang belakang baru sampai dengan ke otak. Sehingga nyeri bisa dirasakan juga di pinggang. 

Kalau keluhan anda menetap dan tidak berkurang sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan jantung dan fungsi ginjal.

Tidak Hanya Kehamilan, Ini Penyebab Kaki Bengkak yang Lain

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan tidak hanya terletak di telapak tangan tapi juga terdapat di bagian pergelangan tangan dan tangan bagian atas

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.