18 Oct 2020, 08:59Penyakit Lainnya

Kaki bagian betis terasa nyeri

MF
Info Penanya: MF0
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. Akhir2 ini kaki kiri saya di bagian betis hingga ke pantat itu terasa sakit ketika sehabis kerja. Sudah seminggu lebih setiap habis pulang kerja pasti terasa sakit, itu kenapa ya dok?
82 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MFK,Nyeri pada bagian betis yang menjalar ke bagian bokong bisa disebabkan karena beberapa hal seperti nyeri otot, cedera otot hamstring, terlalu lama duduk, bisa juga disebabkan karena masalah saraf skiatika yang tertekan oleh otot piriformis dibagian bokong atau disebut dengan sindrom piriformis.Sindrom piriformis juga bisa disebabkan karena banyak mengangkat benda berat, kebiasaan menaruh dompet disaku belakang celana, olahraga yang berat ataupun juga lama berkendara seperti dimobil atau motor. Gejala yang bisa ditimbulkan selain nyeri juga bisa menyebabkan kesemutan, rasa tidak nyaman di bokong, tidak nyaman ketika duduk dan bisa lebih nyeri saat beraktivitas.Untuk mengatasi keluhan yang terjadi bisa dilakukan beberapa cara seperti:
  • Hindari duduk terlalu lama
  • Jangan taruh dompet di saku belakang celana
  • Lakukan peregangan setiap 2 jam bekerja atau jika duduk lama
  • Kompres bagian yang nyeri dengan es atau air hangat
  • Mandi air hangat untuk melemaskan otot-otot
  • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen 200mg
  • Perhatikan posisi duduk dan meja kerja agar ergonomis
  • Banyak minum air putih
Jika tidak ada perbaikan dan rasa nyeri lebih hebat atau lebih sering terjadi, segera periksakan diri pada dokter atau dokter spesialis saraf agar bisa dipastikan apa penyebabnya. Nantinya penanganan akan dilakukan baik dengan pemberian obat juga bisa dilakukan fisioterapi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
masalah sarafmasalah ototskiatika
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil