Kaitan varises dengan kaki nyeri.

RM Info Penanya: RM, Pria
Selamat malam dok .. Mau nannya soal verises ,usia saya 25 di kaki kiri kanan saya tuh udah kena verises,efek nyh tuh kaki pada pegel2 solusinyh gimna ya dok saya pngen di cek apa masih bisa buat suntik ..terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RM,

Varises adalah pembengkakan di pembuluh darah kaki yang disebabkan oleh gangguan pada katup katup pembuluh darah kaki, dimana katup ini berfungsi untuk membawa darah kotor kembali ke jantung. Adanya sumbatan ini menyebabkan kaki menjadi terasa mudah lelah, panas, hingga nyeri.

Banyak faktor resiko yang menyebabkan seseorang terkena varises seperti :

  1. Bertambahnya usia dimana usia tua akan menyebabkan katup menjadi lemah dan tidak dapat berfungsi secara maksimal.
  2. Wanita lebih sering mengalami varises karena hormon wanita menyebabkan relaksasi pada dinding pembuluh darah vena.
  3. Obesitas.
  4. Kebiasaan berdiri atau duduk terlalu lama.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari nyeri pada varises atau mencegah varises bertambah banyak adalah :

  1. Hindari berdiri atau duduk terlalu lama, biasakan rutin berolahraga.
  2. Jaga berat badan seideal mungkin.
  3. Gunakan stoking khusus untuk penderita varises.
  4. Saat berbaring, angkat kaki setinggi jantung atau diatas jantung, hal ini dapat dilakukan dengan cara mengganjal kaki dengan bantal atau menyandarkan kaki pada tembok.

Bila keluhan varises dirasakan semakin mengganggu aktivitas maupun mengganggu penampilan, maka lakukan konsultasi dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah (spJP) untuk penanganan lebih lanjut seperti skleroterapi (suntik varises).

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mencegah varises yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan stoking kompresi

Hindari Varises Melalui Langkah-langkah Pencegahan Ini

Varises merupakan kondisi pelebaran dan pembengkakan pada pembuluh darah vena akibat kelemahan pada katup vena. Beberapa cara mencegah varises dapat dilakukan dengan menghindari duduk atau berdiri dalam waktu lama, olahraga, dan menggunakan stoking kompresi dapat membantu mengurangi gejala varises.