05 Oct 2021, 23:54Kandungan

Beberapa cara menghitung usia kehamilan

RA
Info Penanya: RA0
Dok saya trakhir haid bulan 8 tgl 20 an haid selama 3-5 hari dan bulan selanjutnya bulan 9 saya tidak haid 1bln dan saya test hasilnya positif hamil brarti brapa minggu ya usia kehamilan saya
84 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat pagi, RA.Pada ibu hamil sangat penting untuk mengetahui usia kehamilannya supaya dapat memprediksi kapan kelahiran sang buah hati terjadi. Bagaimana cara untuk menentukan usia kehamilan? Berikut beberapa metodenya.

Metode mengetahui usia kehamilan :

  • LMP (Last Menstrual Period). Menghitung berdasarkan tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) sebagai acuan usia kehamilan. Namun terkadang hal ini kurang tepat perhitungannya dikarenakan banyak para ibu yang tidak ingat atau lupa HPHT.
  • USG. Pemeriksaan ultrasonografi (USG) dapat memberikan perhitungan usia kehamilan yang lebih akurat dibandingkan HPHT. USG dilakukan dengan mengukur bayi dari kepala sampai anus dan biasanya dilakukan pada usia kehamilan 10-13 minggu.
  • Pakai aplikasi kalkulator usia kehamilan. Dapat memasukan data HPHT dan aplikasi akan mengukur perkiraan usia kandungan.
  • Mengukur tinggi fundus. Biasanya dilakukan dengan mengukur jarak antara tulang kemaluan dengan bagian paling atas perut.
Bila dilihat dari hari pertama haid terakhir yang disebutkan yaitu tanggal 20 agustus 2021 maka usia kehamilan yang terjadi sampai saat ini jatuh pada usia 7 minggu. Namun, untuk mengetahui lebih tepatnya usia kehamilan memang disarankan untuk dilakukan USG. Sehingga jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan sekaligus kontrol kehamilannya. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
kesehatan kandunganhamilusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil