Kadas di badan sudah diberi salep tetap belum sembuh

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Dok bagaimana mengobati kadas di badan ,sudah kasih salep 88 sama salep yg lain tetap belum sembuh"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A

Kadas atau tinea corporis sering disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit yang menyebabkan timbul ruam merah gatal dengan peninggian di tepinya, bercak kadas biasanya akan semakin gatal saat badan berkeringat atau malam hari, saat semakin digaruk akan semakin gatal. 

Untuk menghilangkan kadas anda harus mengoleskan salep antijamur seperti ketokonazol atau mikonazol, salep biasanya dioleskan tipis dilokasi kadas meluas sedikit ke kulit yang masih sehat agar jamur tidak semakin menyebar. Jika kadas ada banyak di tubuh mungkin dibutuhkan obat tablet anti jamur yang di minum. Untuk rasa gatal bisa dikurangi dengan obat antihistamin cetirizin. 

Saya juga sarankan agar anda mencuci bersih pakaian di rumah, menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung dan menghindari pakaian lembab. 

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit (Sp,KK) untuk memastikan apakah benar terkena kadas infeksi jamur atau penyakit kulit lainnya, karena kadas juga memiliki kemiripian bentuk lesi yang hampir sama dengan kondisi penyakit kulit lain seperti psoriasis dan dermatitis soboroik sehingga harus dipastikan agar mendapatkan tatalaksana yang tepat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal selangkangan biasanya disebabkan oleh kutu kemaluan dan infeksi jamur cruris. Infeksi jamur cruris tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan saja, tetapi bisa juga pada daerah paha dalam dan pantat. Ciri-ciri gatal selangkangan dapat dilihat dari kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan serta pecah-pecah atau mengelupas.